Minggu, 19 Februari 2012

Cara Merakit Mountain Bike


Merakit Sepeda MTB

Cara Merakit Sepeda MTB

Sepeda MTB

Sepeda MTB atau yang biasa disebut sepeda gunung, jangan di samakan dengan sepeda biasa pada umumnya. Tidak seperti sepeda santai (city bike), sepeda balap (road bike), dan tidak seperti sepeda mini.

Sepeda MTB memiliki lebih banyak keunggulan dibanding sepeda sepeda lainnya. Sepeda MTB cenderung jauh lebih kokoh, teknologi canggih selalu melekat di sepeda ini. Karena medan yang ditempuh juga sangat berat dan ekstrim. Untuk itu MTB membutuhkan body yang kuat dan ringan serta dukungan suku cadang / komponen (groupset) yang canggih agar dapat membantu kemudahan dalam menelusuri medan berat.
Tidak heran jika harganya juga gila gilaan mahal.

Ada Beberapa Jenis Sepeda MTB

1. Cross Country

Kalau dulu sepeda cross country ini bentuk framenya cenderung hard tail tetapi saat ini berkat perkembangan teknology yang canggih, akhirnya tercipta cross country yang menerapkan sistem suspensi pada framenya. Tetapi kemampuan dan keunggulan dari hard tail atau full suspensi tergantung pula pada teknik dan tenaga anda.

2. Free Ride

Framenya cenderung hardtail dan berbentuk sloping sepeda ini diciptakan untuk melakukan atraksi, biasanya digunakan pada medan aspal atau di trek buatan (seperti trek motor cross) yang memiliki banyak tanjakan untuk melakukan salto.

3. Downhill

Untuk yang satu ini dibutuhkan sepeda yang benar benar kuat dan juga rem yang pakem. Medan yang diambil biasanya turunan bukit yang terjal dan berbahaya. Oleh karena itu dibutuhkan frame yang full suspensi dan forks suspensi yang travelnya tinggi. Selain itu juga dibutuhkan pedal besar dan rem cakram yang diameternya besar pula agar pakem.

Mencari Ukuran Yang Pas

Jika anda telah selesai memilih jenis sepeda MTB mana yang anda sukai dan cocok dengan anda. Sekarang mari kita pelajari cara memilih ukuran sepeda yang pas buat postur tubuh anda. Resikonya jika anda tidak memilih ukuran sepeda yang pas adalah : kita cepat capek, pengendalian yang susah, pedal tidak sampai, ujung-ujungnya akan mencederai kita dan kita tidak dapat menikmati bersepeda.

Berikut beberapa hal yang perlu di perhatikan :

1. Berdirilah tegak lurus di atas sebuah sepeda, usahakan anda bisa menggapai handlebar (setang) dengan mudah dengan tangan yang lurus. Hal ini dimaksudkan agar anda bisa bermanuver dengan mudah

2. Usahakan masih ada jarak sekitar 2-5 cm di antara selangkangan anda dengan top tube (bagian atas frame)sepeda, sehingga jika anda tiba tiba harus turun mendadak dari saddle, maka alat vital anda tidak akan terbentur frame

3. Jika anda sudah merasa ukuran frame sudah pas tetapi jangkauan stir (setang) terlalu jauh, maka anda bisa mengakali dengan mengganti Handlestem yang lebih pendek

4. Atur/stel ketinggian seat post agar pada saat anda duduk di sadel dan posisi kaki lurus kecang pada pedal paling bawah. Jika sudah lurus maka kuncilah seat post

Komponen Sepeda MTB

Secara sederhana komponen sepeda terdiri dari :

1. Frame (Batangan)

2. Seatpost (Tiang Sadel)

3. Saddle (Sadel)

4. Handlebar (Setang / Stir)

5. H-Stem (Leher Stir)

6. Bottom bracket (As Tengah Pedal)

7. Wheel (Roda)

8. Fork (Garpu)

9. Pedals (Pedal)

10.Groupset (Suku Cadang / Komponen

1 komentar: